Yang bisa menyebabkan keguguran saat hamil muda

Diposting pada
Yang bisa menyebabkan keguguran saat hamil muda
Yang bisa menyebabkan keguguran saat hamil muda

10 Hal yang bisa menyebabkan keguguran saat hamil muda – Penyebab keguguran saat waktu hamil muda ada banyak sekali seperti stress, merokok, dan bahkan tidak tahu jika sedang hamil.

Banyak wanita hamil muda yang sering bertanya-tanya kenapa saat sedang hamil muda begitu rentan akan keguguran. Memang keguguran tidak hanya terjadi pada saat hamil muda saja, Tetapi ada juga yang kandungan sudah usia 4 bulan keatas juga bisa keguguran.

Hamil muda di usia kandungan 1 2 3 bulan sering kali mengalami keguguran, namun kandungan di bawah usia 22 minggu ( perkembangan janin 6 bulan ) pun sebenarnya juga masih bisa mengalami keguguran. Jika anda baru saja mengalami kehamilan pertama harus mengetahui aktivitas penyebab keguguran.

Wanita hamil dengan kehamilan pertama biasanya tidak mengerti tentang kehamilan. Berikut ini ada berbagai faktor yang bisa menyebabkan keguguran saat hamil muda :

10 Hal yang bisa menyebabkan keguguran saat hamil muda

1. Kondisi Rahim Yang Lemah : Jika kondisi rahim anda lemah biasanya sangat rewel ketika menjalani kehamilan. Hal ini karena dinding rahim tempat embrio yang menempel terlalu rentan dan lemah untuk bisa menopang berat embrio.

Oleh sebab itu, jika wanita dengan kondisi seperti ini sangat mudah untuk mengguurkan kandungannya saat kehamilannya di bawah usia 22 minggu.

Yang harus anda lakukan jika dinding rahim lemah :

  • Banyak bergerak.
  • Banyak berjalan. Berjalan akan membuat perut tergerak. Hal ini menyebabkan rahim dan embrio juga ikut bergerak. Jika banyak berjalan embrio akan mudah jatuh.
  • Stress berlebihan. Stress yang berlebihan akan membuat hormon ibu hamil menjadi tidak stabil sehingga rentan keguguran.

Baca : Alasan wanita menggugurkan kandungan

2. Kondisi Tidak Sehat : Yang bisa menyebabkan keguguran saat hamil muda berikutnya adalah cuaca yang ekstrim seperti saat ini memang sangat cocok jika Kondisi Rahim Yang Lemah. Sebentar panas dan sebentar hujan akan mudah terkena penyakit.

Kondisi kesehatan wanita saat hamil memang seringkali naik dan juga turun. Hal itulah yang menyebabkan kondisi kesehatan mudah terganggu terutama saat cuaca seperti ini. Jika kondisi tidak segera sembuh maka kehamilannya akan mudah keguguran.

Kondisi yang bisa menyebabkan keguguran :

  • Saat hamil muda mengalami demam dengan suhu tubuh yang tinggi. Janin yang dikandung tidak bisa bertahan dengan suhu tubuh yang panas.
  • Pusing juga dapat membuat kondisi kandungan rentan keguguran. Karena tidak bisa menyeimbangkan tubuhnya sehingga rentan terjatuh dan terbentur.
  • Pilek dan batuk saat hamil

3. Kehamilan Yang Tidak Diketahui : Kehamilan pertama sering tidak diketahui oleh wanita hamil. Banyak ibu hamil kehamilan pertama baru akan sadar saat usia kandungannya menginjak usia 3 bulan. Penyebab ke tidak tahuan wanita hamil itu adalah sejak awal menikah menggunakan Pil KB.

Efek samping dari pil KB bisa membuat seorang ibu hamil tidak mengalami menstruasi sedangkan tanda kehamilan juga tidak menyebabkan seorang wanita menstruasi. Oleh sebab itulah ibu hamil tidak menyadari kehamilan yang terjadi padanya.

4. Menderita Penyakit Tertentu : Penyakit tertentu juga akan membuat ibu hamil rentan terkena keguguran. Sebaiknya sebelum merencanakan pernikahan atau kehamilan wanita memeriksakan dirinya ke dokter.

Apakah kondisi rahimnya bagus, sel telurnya bagus dan tentunya apakah wanita tersebut memiliki penyakit tertentu. Banyak penyakit yang tidak terdeteksi secara kasat mata, penyakit itu berpengaruh pada rahim wanita.

Berikut ini penyakit yang bisa menyebabkan keguguran :

  • Tokso merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus toksoplasma.
  • Rubella merupakan virus yang bisa menyebabkan kondisi janin di dalam kandungan terkena campak. Rubella yang ada di dalam kandungan disebut dengan rubella kongenital yang bisa menyebabkan keguguran dan penyebab janin cacat. Rubella kongenital tidak bisa diobati.

5. Faktor Usia : Wanita dengan usia tua sangat rentan untuk hamil dan juga melahirkan. Wanita yang rentan untuk keguguran adalah wanita yang mengandung di usia 30 tahun ke atas.

Resiko Bayi Keguguran
Resiko Bayi Keguguran

Oleh sebab itu, wanita dengan usia di atas 30 tahun sebaiknya konsultasi kehamilan kepada dokter kandungan jika ingin hamil lagi. Hal ini tidak terjadi pada wanita dengan kehamilan pertama saja namun bisa terjadi pada wanita dengan kehamilan yang ke sekian.

Resiko Bayi Keguguran :

Usia 30-34

  • Tingkat keguguran adalah 11,7 %.
  • Pada usia 30 risiko memiliki bayi dengan Down syndrome adalah 1 dari 952, dan bayi dengan kelainan kromosom, 1 dari 385.

Usia 34-40

  • Tingkat keguguran mendekati 18 %
  • Tingkat kematian janin dua kali lebih rentan dibandingkan hamil di bawah usia tersebut

Usia 40-44

  • 1 dari 106 lahir dengan sindrom Down (usia 40)
  • 1 dari 66 lahir dengan kelainan kromosom (usia 40)
  • 1 dari 38 lahir dengan sindrom Down (usia 44)
  • 1 dari 26 lahir dengan kelainan kromosom (usia 44)

Usia 45-50

  • 50% keguguran sebelum 20 minggu
  • Kelainan kromosom 1 dari 30 kelahiran (45 tahun)
  • Down sindrom 1 dari 21 (45 tahun)
  • Kelainan kromosom 1 dari 11 kelahiran (49tahun)
  • Down sindrom 1 dari 8 (49 tahun)

6. Usia Di Bawah 20 Tahun : Larangan di usia muda bukan karena tanpa alasan namun memiliki alasan yang kuat. Alasannya adalah bahaya hamil di usia muda, dinding rahim belum terlalu kuat untuk menopang embrio. Selain itu rahim juga belum siap untuk menerima kehamilan.

Baca : 20 cara menggugurkan kandungan yang kuat dan ampuh

7. Infeksi : Wanita yang memiliki infeksi HPV atau infeksi jamur akan rentan terkena keguguran. Infeksi HV bisa menyerang kandungan sehingga menyebabkan keguguran atau lahir prematur. Sedangkan infeksi jamur yang menempel pada lapisan rahim bisa masuk dan menyerang rahim akibatnya janin akan mudah keguguran.

8. Jarak Kehamilan Yang Dekat : Jarak kehamilan minimal adalah dua tahun dari kehamilan sebelumnya. Jika terjadi kurang dari itu janin akan mudah keguguran karena kondisi rahim belum pulih benar.

9. Pernah Keguguran : Jika anda adalah seorang wanita yang pernah mengalami keguguran akan rentan untuk terkena keguguran kembali. Hal ini dikarenakan kondisi fisik dan rahim anda mendukung untuk terjadinya hal tersebut.

Jika anda pernah mengalami riwayat ini sebaiknya menceritakan secara detil pada dokter kandungan. Dengan pemeriksaan lebih lanjut maka anda akan diberi panduan yang benar agar terhindar dari keguguran kedua.

10. Gaya Hidup : Gaya hidup tidak sehat yang dilakukan wanita akan memicu keguguran dua kali lipat dibandingkan dengan wanita yang menerapkan pola hidup sehat.

Gaya hidup yang menyebabkan keguguran
Gaya hidup yang menyebabkan keguguran

Gaya hidup yang menyebabkan keguguran adalah :

  • Merokok
  • Mengkonsumsi Alkohol.
  • Mengkonsumi obat-obatan misal obat tidur, heroin dan narkoba.
  • Begadang setiap hari.

Nah itulah 10 Hal yang bisa menyebabkan keguguran saat hamil muda diatas yang perlu anda ketahui jangan pernah malu untuk berkonsultasi karena ini semua demi anda sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *